Fenomena CLBK

20160911_165539
CLBK seperti bulan di siang hari, samar tapi ada dan terlihat Sumber : Dok.Pri

Sesekali marilah bicara soal cinta dalam keseharian. Lebih asyik dari bicara soal politik, ekonomi atau hal sulit dan suram lainnya. Karena cinta memberi energi positif dalam kehidupan tapi juga bisa berakibat buruk jika tidak dikelola dengan semestinya. Internet punya pengaruh besar dalam kisah-kisah cinta masa kini. Bagaimana bisa ? Simak tulisan ini.

Internet Connecting People

Video YT di atas berjudul Internet Connecting People. Video singkat tapi lumayan menarik. Menggambarkan bagaimana internet memudahkan orang terkoneksi satu sama lain di belahan dunia manapun.

Bermunculannya berbagai jenis social media makin memudahkan orang saling berkomunikasi dan berbagi kabar. Bertegur sapa dan ngobrol berbagai rupa topik di jejaring socmed menjadi kegiatan yang nyaris dilakukan setiap orang lakukan saat ini. Diawali dari era milis kemudian berkembang ke facebook atau FB. FB sangat fenomenal, karena membuat orang terkoneksi dan bahkan bisa berbagi apa saja, sekedar sebaris dua baris status, foto, video, barang jualan dll.

Ketika sebagian orang merasa FB mulai terlalu “open” maka Twitter, LINE, Whatsapp kemudian lebih digemari karena selain ringkas, sederhana, juga tidak terlalu mengumbar hal pribadi. Bahkan kemudian ada juga socmed khusus gambar seperti Instagram, Path dll. Ada juga socmed unik tempat orang berbagi cerita bergambar seperti Steller. Pilihan tergantung selera masing-masing.

Ngumpulke Balung Pisah

“Ngumpulke balung pisah” atau “Mengumpulkan Tulang Terpisah” adalah peribahasa Jawa yang artinya mengumpulkan sanak saudara yang lama hilang. Berkat socmed maka yang terkoneksi bukan cuma orang-orang yang semula tak saling kenal. Tapi teman-teman yang lama hilang tak tentu rimba kemudian bisa ketemu satu persatu. Kembali ngobrol berkelompok, sesama teman SD, teman SMP dst. Aplikasi socmed pun cukup memahami kegemaran orang berkelompok, maka muncul grup-grup.

Ada group yang sangat ramai, riuh seperti pasar. Sehingga dalam sehari bisa ribuan chat. Saya punya group seperti itu. Bunyi ringtone antik pilihan saya “mak klutik” ( opener ) bisa tak henti-henti berbunyi. Ibarat saya penjual teh botol, maka sehari bisa laku ribuan botol. Hehehe. Saking akrabnya jadi seperti sebuah keluarga besar, saling bantu juga. Positif banget. Tapi ada juga grup yang sueeepi sekali mirip kuburan. Jadi bingung sendiri, kenapa bikin grup ya kalau pada lebih suka bertapa.

Various Topics

Apa sih yang diobrolkan ? Macam-macam topik bisa jadi bahan. Mulai dari yang khas ibu-ibu misalnya ngobrolin resep. Teman saya yg jago masak sering terpaksa harus menjawab pertanyaan remeh temeh saya, si chef wannabe, kapan dan di manapun. Hehehe…

Yang juga digemari adalah bertukar lagu tempo dulu, ngobrol soal anak, sampai ke soal politik, janjian mudik bareng, ketemuan makan siang dll. Seolah di manapun kita berada tidak lagi ada jarak. Semua ngumpul di dunia yang baru, dunia maya, dunia tanpa batas.

Tapi tentu saja kemudahan berkoneksi membuat ada efek samping yang mungkin akan selalu diingkari oleh para pelaku socmed yakni CLBK atau Cinta Lama Bersemi Kembali. Nggak kok, kami sudah dewasa….nggak ah wong cuma nostalgia sebentar…. begitu selalu biasanya alasan menyangkal

CLBK

CLBK , rata-rata orang mengartikan sebagai Cinta Lama Bersemi Kembali. Artinya perasaan cinta pada masa lalu kembali muncul di saat sekarang.

Tapi kan bukan karena socmed ? Iya sih, CLBK sebenarnya sudah ada sejak dulu. Sejak jaman belum ada handphone dan masih surat-suratan juga sudah ada. Cuma di era socmed, menjadi lebih mudah terjadi. Ya nggak ? Iya dong. Kan dunia dalama genggaman, maka cinta masa lalu juga ada dalam genggaman. Hehehe

Ada beberapa tipe CLBK :

  • Cinta Lama Bersemi Kembali
  • Cinta Lama Belum Kesampaian
  • Cinta Lama Belum Kelar

Kok bisa ada klasifikasi begitu ? Ah jangan terlalu serius, ini kan cuma pengamatan saya saja.

Cinta Lama Bersemi Kembali

Lebih mirip nostalgia kebablasan antara mantan sepasang kekasih.

Diawali dengan saling invite, add, follow atau apalah istilahnya. Dilanjut stalking foto satu sama lain. Kemudian mulai membandingkan para mantan dengan pasangan hidupnya sekarang. Lalu mulai muncul kekecewaan sedikit demi sedikit. Apalagi kalau mantan ternyata lebih baik dari pasangan. Lebih cantik, lebih ganteng, lebih kaya, lebih langsing, lebih humoris, lebih berempati , dst, dst.

Dilanjutlah dengan japri, semula ketemuan di reuni bersama teman-teman yang lain, lalu mulai berani berdua. Jika masing-masing sudah berkeluarga maka bisa berakhir dengan selingkuh jika tidak kuat mental. Begitulah. Ada ? Banyak.

Cinta Lama Belum Kesampaian

CLBK jenis ini adalah cinta lama yang tidak berani disampaikan karena bertepuk sebelah tangan. Dulu merasa tidak punya keberanian ngomong cinta karena masih unyu unyu. Unyu mukanya, unyu dompetnya, unyu mentalnya. Gimana mau ngomong coba. Si cewek kembang sekolah atau kampus, sementara dirinya jones alias jomblo ngenes. Hehehe. Tapi setelah tua, merasa karier oke, gelar berderet, penampilan dimakeover, mobil memenuhi garasi ( bukan tukang parkir lho ya ) maka tumbuh pede untuk mengutarakan perasaan. Diterima syukur, kalau ditolak….ah masak sih ditolak…hehehe

Jika masing-masing belum berkeluarga rasanya nggak masalah. Yg gadis dapat duda, yg janda dapat duda, no problem. Yang sulit itu jika salah satu atau malah salah dua masih berkeluarga. Akhirnya dicari-carilah alasan untuk berpisah dengan pasangan lama. “Kamu nggak kurus-kurus”, “Kamu nggak bisa ngimbangi omonganku, sulit diajak diskusi”, sampai ke “Aku nggak betah, masakanmu itu lho…” dst. Hehehe… Alasan toh bisa dicari.

Cinta Lama Belum Kelar

CLBK jenis ini yang paling ruwet. Ini adalah semacam perasaan cinta satu sama lain yang tidak pernah diungkapkan. Cinta terpendam. Selamanya.

Dulu tidak diungkap dengan alasan malu, minder, takut ditolak, keduluan orang lain, beda agama, beda status sosial, putus kontak karena pindah, dll. Sekarang tidak diungkap dengan alasan masing-masing sudah menikah, tidak mau mengganggu keluarga masing-masing.

Motto CLBK ini adalah “Cinta Tak Selalu Harus Memiliki”.

Pasangan CLBK tipe ini menunjukkan perasaannya secara lebih tersamar. Tidak melakukan japri secara mencolok, tapi tetap memberi perhatian, support, percakapan ringan yang sangat sangat tersamar.

Untuk mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi maka CLBK jenis ini bisa berdampak positif. Support yang tidak bisa didapatkan dari pasangan formal bisa didapatkan dari “kekasih”. Hidup menjadi terasa lebih indah dan bersemangat. Cinta mengandung energi positif lho. Dan energi positif yang selalu terpancar justru bisa menjadikan hubungan keluarga lebih intim dan hangat, karier lebih bagus.

Sebaliknya untuk pribadi yang gamang, CLBK jenis ini hanya aman di permukaan. Rasa ngenes karena merasa tidak akan pernah bisa memiliki, menimbulkan kekecewaan dan kesedihan yang dalam. Energi positif cinta kalah oleh energi negatif kesedihan. Hubungan dengan pasangan resmi bisa jadi tetap baik tapi rasanya menjadi lebih hambar. “Kamu tidak bisa mengerti aku seperti dia….cuma dia yang mengerti aku” , meskipun cuma disimpan di hati, tapi akan tersirat dalam kehidupan sehari-hari.

Mengelola CLBK

Bagian tulisan ini hanya cocok dibaca untuk penyandang CLBK yang sudah berkeluarga. Untuk mereka yang berstatus single, skip saja bagian ini. Kejar cinta lama anda, karena cinta adalah kebahagiaan yang pantas diperjuangkan. Sekalipun jika ternyata tidak bersambut maka ingat kata Adele ” If this is my last night with you, hold me like I’m more than just a friend”

12479129_590399531136285_1839411779_n
If this is my last night with you, hold me like I’m more than just a friend Source : Adele “All I Ask”

Untuk yang sudah berkeluarga, maka hal yang bisa dilakukan hanyalah pintar-pintar mengelola CLBK. Cinta bukan hal yang bisa diatur-atur, hanya bisa dikelola dengan baik.

Beberapa hal yang bisa dilakukan

1. Jangan Berbagi Segala Hal di Socmed

Saringlah apa yang hendak anda bagi di socmed dengan baik. Socmed bukan ranah pribadi, bukan buku harian, bukan laporan harta kekayaan, bukan ajang kepandaian atau curhat. Satu foto cantik / ganteng anda bisa membuat para mantan anda gelisah. Status anda bertuliskan curhat sedih bisa menyebabkan mantan anda timbul rasa ingin melindungi. Pamer kehidupan mewah anda juga bisa menggoda mantan lho.

Berbagilah hal-hal netral saja. Misalnya joke ringan, resep masakan, tempat nongkrong asyik, obyek wisata baru, video mengharukan, musik jadul yang bagus.

2. Socmed itu ajang pencitraan

Percayakah anda bahwa Socmed itu sebagian besar hanyalah berisi pencitraan ?

Mottonya adalah, Saya share maka saya ada.

Banyak orang jujur, tapi lebih banyak yang memanfaatkan socmed untuk eksistensi diri. Contoh paling sederhana itu foto. Agar tetap nampak cantik/ganteng maka banyak foto yg diedit. Agar nampak berada maka share foto di tempat cozy. Agar nampak pinter maka share hal-hal sulit yang sebenarnya dirinya sendiri tidak paham. Orang cenderung membentuk image diri di socmed sesuai yang diinginkan. Sering kali tidak sesuai kenyataan. Berawal dari terpesona di socmed ini, tumbuh CLBK, dan ketika cinta sudah menguasai maka kenyataan di depan mata pun tetap tak diakui atau nampak.

3. Batasi japri

Japri atau jalur pribadi artinya percakapan-percakapan pribadi dua orang di socmed. Japri boleh dibilang titik rawan CLBK. Japri memang tidak mungkin bisa dihindari pada CLBK karena memutus kontak secara sepihak kadang justru memperbesar rasa penasaran.

Kelola saja dengan baik, pastikan waktu yang tepat. Lakukan japri saat anda bisa menguasai perasaan. Tapi hindari japri saat anda merasa perasaan cinta lama itu begitu menguasai diri.

4. Batasi jumpa darat

Jika ingin jumpa darat maka jangan lakukan berdua. Reuni, acara mantu, ultah, yang rame-rame sifatnya, bolehlah kopi darat. Bertemu berdua hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang sudah sangat matang secara emosional.

5. Mengingat Kembali Masa Lalu Pasangan

Saat CLBK begitu menggebu, eaaa..hehehe…coba ingat-ingat apa sih yang membuat anda memilih kembali istri/suami anda di masa lalu ? Buat list. Kecantikannya ? Kebaikan hatinya ? Keramahannya ? Selera humornya ? Kepandaiannya ? Kesabarannya ? Atau apa ? Ingat baik-baik saat-saat masa lalu berdua mulai hal sederhana sampai hal sulit. Apa yang anda ingat ?

  • Oh ternyata dia suka membelikan gorengan waktu tahu uang jajan kita bokek. Empatinya tinggi
  • Dia dengan susah payah membelikan laptop meskipun gajinya kecil. Pengorbanan dirinya besar
  • Diajak ngomong apa aja nyambung, diajak ke berbagai tempat oke. Ke konser music rock oke, dengerin musik klasik juga antusias. Ke cafe mewah oke, makan di pinggir jalan tetap happy. Gaul, luwes
  • Waktu hasil ujian jelek, dia menyemangati belajar dan rela terkantuk-kantuk menemani belajar di perpustakaan buluk.
  • Aku pilih dia karena tidak pelit, suka berbagi dengan orang miskin meskipun uangnya sendiri terbatas dpt. Jiwa sosialnya tinggi

Biasanya orang akan terkejut sendiri, betapa banyak daftar kebaikan pasangannya yang selama ini sulit didapat pada orang lain.

6. Mengingat Kekurangan Diri Sendiri

Sekarang giliran bertanya diri sendiri secara jujur akan kebiasaan anda yang paling “norak” atau “kekurangan” anda mulai dari hal kecil sampai hal sulit. Buat listnya. Misalnya, cinta sekali pada daster lusuh anda, kalau tidur ngorok, malas mandi, tidak bisa bangun pagi, hobby dangdutan, penggemar judi kecil-kecilan, sering menghilangkan barang, pemalas dll. Lalu bayangkan itu pada saat bersama CLBK anda. Kira-kira masih cintakah si CLBK jika menemui hal-hal seperti itu ?

Tahukah anda bahwa selama ini pasangan anda meskipun punya banyak kekurangan dibanding CLBK tapi sudah hidup bersama anda selama ini lengkap dengan segala kekurangan anda ?

7. Berdoalah

Berdoalah pada Allah, berdoalah untuk CLBK anda. Mohonlah pada Allah agar hubungan anda dan CLBK bisa tetap berjalan dengan baik tapi tidak melewati batas sebagai kisah masa lalu semata.

Mintalah agar anda dan dirinya bisa tetap berteman baik hingga akhir hayat tanpa mengganggu keluarga masing-masing. Katakan jujur pada Allah perasaan anda bahwa anda memang masih menaruh hati padanya, tapi anda sudah berkeluarga dan mencintai suami/istri anda.

Berdoa selain berbicara kepada Allah juga menjadi semacam pembentukan mindset yang akan sangat berpengaruh pada penguasaan emosi anda termasuk cinta.

Demikian 7 cara mengelola CLBK. Cinta memang tidak bisa dibendung, tidak diketahui awal dan akhirnya, tapi percayalah, ia tetap bisa dikelola dengan baik.

Seperti kata teman saya, Tuhan memberimu banyak pilihan, tapi kamu sendiri yang akan memilihnya.

Untuk mereka yang masih muda dan baru mengenal cinta, nasihat terbaik agar kelak terhindar dari CLBK adalah seperti kata-kata Coldplay di lagunya Everglow

12729589_1146205468747684_1378557722_n
Coldplay Everglow Sumber : http://www.lakako.com

 

“So if you love someone, you should let them know”.

Jika kamu mencintai seseorang, biarkan mereka mengetahuinya. Jangan malu, jangan minder, jangan berpikiran terlalu rumit, jangan diam. Bicara, sampaikan perasaan anda. Hasilnya urusan nanti. Anda akan merasa lega dan kelak tdk akan tergoda CLBK.

Tulisan ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan segala kejadian yang dialami seseorang melainkan semata pemikiran saya. Dan telah saya buat lama sebelum hari tayang. Akhir kata semoga bermanfaat dan selamat merayakan Idhul Adha bagi sahabat pembaca yg merayakan.

S e k i a n

Note : Tulisan ini adalah tulisan yang saya posting di Kompasiana saya dengan link CLBK by Mama Totik pada 12 September 2016 dan termasuk Artikel Pilihan. Semua tulisan saya bisa diikuti di Kompasiana Mama Totik

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s