Bagaimana Meningkatkan Kualitas Diri ?

Kualitas diri itu penting lho. Karena pribadi yang berkualitas akan menghasilkan karya-karya dan perilaku berkualitas pula.

Itulah sebabnya sering ada seminar ini dan itu,bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri. Bayarnya mahal lagi ! Ya karena di hotel, ada coffee break, lunch, sertifikat dll. Padahal sebenarnya yang didapat peserta adalah juga yang semua orang sudah ketahui. Hanya sering tidak disadari.

Nah tulisan ini bermaksud mengenalkan 5 cara efektif yang relatif mudah untuk meningkatkan kualitas diri. Saya sedang belajar mencoba, belum terlalu lama, tapi memang ternyata banyak manfaat positif untuk diri saya. Selamat menyimak semoga bermanfaat.

Step 1 : Jadilah Pengamat

Dunia ini penuh dengan contoh dan ide, kata-kata dan pengetahuan, kebijaksanaan dan pengalaman. Perhatikan semua yang ada di sekelilingmu. Seraplah yang menurutmu baik dan berguna.
Saya sering “diam-diam” menyimak nasehat bijaksana atau pengalaman berharga dari teman di WA group. Ide-ide cerpen dari film, resep lezat dari tetangga, ilmu parenting dari socmed, cara berbusana dari kenalan, dst. Untuk pengetahuan praktis & populer, saya sangat menyukai socmed Pinterest. Ia semacam katalog berbagai hal termasuk humor. Tapi tentu saja semua harus dilakukan secara selektif.

 

boy-with-magnifying-glass-29eyjol
Observe Source : rapartners.com

Step 2 : Kumpulkan ide

Ide-ide dan pikiran cenderung lenyap dari pikiran terlalu cepat. Cobalah menangkap ide-ide itu sebelum terlambat. Idealnya, tulis atau buat sketsa atau rekam. Jadi kemanapun pergi bawalah note kecil untuk corat coret. Malas nulis ? Di tiap ponsel ada fasilitas perekam suara kan ? Juga Kamera. Nah manfaatkan itu.

istock_75614639_medium.jpg__970x545_q85_crop_subsampling-2
Tangkap Idenya Source : nmgprod.s3.amazonaws.com

Step 3 : Membacalah

Bacalah banyak-banyak. Membaca itu mungkin jenis investasi waktu terbaik yang pernah ada. Luangkan paling tidak 30 menit per hari untuk membaca. Idealnya, selalu bawalah buku bersamamu. Kenapa buku ? Bukankah sekarang jaman e-book ? Karena biasanya jika baca lewat gadget, orang cenderung tergoda untuk browsing sana sini dan akhirnya lupa baca. Untuk orang-orang tua membaca jg cara paling efektif mencegah kepikunan. Plus bonusnya adalah memperpanjang usia.

 

22841
Banyaklah Membaca Source : goodnet.org

 

Step 4 : Analisalah aktivitasmu hari ini

Sebelum tidur malam, luangkan 10 menit waktumu untuk menganalisa hari. Pertimbangkan apa saja yang kamu lakukan dengan baik dan apa kesalahan hari ini yang kamu perbuat.

6-key-questions-to-effectively-analyze-your-elearning-course-audiences-1
Analisa Harimu Source : elearningindustry.com

 

Step 5 : Mulailah menulis

Kemampuan menulis yang baik menumbuhkan kedisiplinan. Terutama displin dalam berpikir. Orang yang terbiasa menulis dengan baik, pikiran-pikirannya akan berangsur-angsur beralih dari yang acak dan kacau balau menjadi sistematis dan terstruktur. Kenapa ? Karena saat menulis orang akan berusaha agar tulisannya bisa dipahami orang. Maka ia akan cenderung berusaha membuat kalimat yang lebih tertata.
Menulis di sini maksudnya adalah menuliskan buah pikiran atau ide. Bukan maksudnya menyuruh pembaca menulis cerpen atau artikel lho.

write
Mulailah Menulis Source : shewrites.com

Nah bagaimana ? Mau mencoba ? Cuma 5 langkah lho. Mulailah segera dan rasakan perbedaan positif pada diri anda. (Duh aku kok jadi kayak bakul obat lagi promosi wae Hahaha) Salam.

Thanks a lot for my precious son – Totik – for helping me translate some raw articles

Iklan

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s