Mitos dan Fakta Tentang Stroke

Stroke menyerupai gerakan teroris yang menghancurkan otak manusia. Bila otak anda diibaratkan sebagai pusat komando, maka stroke adalah ketika ada beberapa teroris melemparkan granat ke beberapa bagian ruangan pusat komando. Beberapa teroris itu adalah sumbatan darah. Sedang granatnya adalah perusakan yang dilakukan penyumbatan ke sel neuron.

Saya tiba-tiba merasa perlu menulis tentang Stroke, setelah seorang sahabat baik saya, yang setahu saya sangat disiplin dalam menjalani pola hidup sehat dan seimbang, tiba-tiba harus terbaring kena serangan “teroris otak” ini. Bukan cuma sedih ya, tapi juga mulai ketakutan.  Bagaimana nggak takut atau khawatir sih. Ayah dan ibu saya keduanya meninggal karena stroke. Artinya, saya punya bakat kan. Maka mulailah saya browsing sana sini. Tentu hanya saya pilih sumber-sumber yang kualified.

Nah agar para pembaca mendapat manfaatnya, saya tuliskan kembali di sini yang saya dapat. Dimulai dari Mitos dan Fakta tentang Stroke, karena mengandung pengetahuan praktis yang mudah dipahami namun penting diketahui. Apa saja itu ?

1. MITOS: Stroke hanya terjadi pada orang tua.

FAKTA:

“Benar bahwa seiring bertambahnya usia, risiko untuk stroke meningkat,” kata dokter Eric Bershad, seorang neurointensivist dari Rumah Sakit Episkopal St. Luke dan seorang ahli syaraf vaskular di Baylor College of Medicine di Houston.

Namun ternyata, bayi, anak-anak, remaja pun bisa terkena stroke. Wanita yang hamil lalu menjadi obesitas dan memiliki tekanan darah tinggi pun bisa terkena stroke.

2. MITOS: Stroke jarang terjadi.

FAKTA:

Statistik Stroke mengungkapkan bahwa angka penderita cukup tinggi.  Di AS stroke menjadi pembunuh nomer 3. Lebih dari 140.000 orang mati tiap tahun karena stroke, atau sekitar 1 setiap 20 orang yang meninggal adalah penderita stroke. Setiap 40 detik ada orang terserang stroke dan 795.000 setiap tahun. Angka yang fantastik. Lengkapnya bisa dibaca di Stroke statistics in USA

Bagaimana di Indonesia ?

Di Indonesia, stroke menduduki peringkat satu penyebab kematian.

Stroke-Penyebab-Kematian-No-1-Di-Dunia-dan-Indonesia

3. MITOS: Stroke terjadi di jantung.

FAKTA: “Stroke terjadi di otak,” Dr. Igor Rybinnik menjelaskan. Siapa dokter Igor ini ? Profesinya bisa anda telusuri di Dr.Igor Rybinnik

“Sel-sel saraf di otak, yang disebut neuron, membutuhkan aliran darah ,nutrisi dan oksigen dalam darah untuk bertahan hidup dan berfungsi. Jika suplai darah ke neuron di otak terputus karena gumpalan darah atau penyakit pembuluh darah, neuron-neuron itu mati. Itulah yang dinamakan stroke. ”

4. MITOS: Stroke tidak dapat dicegah.

FAKTA: “Gagasan bahwa goresan tidak dapat dicegah adalah mitos raksasa,” kata Rybinnik. “Salah satu penelitian terbesar tentang stroke, yang disebut Studi Stroke Internasional, meneliti faktor risiko dan menemukan bahwa 90 persen stroke dapat dikaitkan dengan faktor risiko vaskular seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas – dan semuanya dapat dicegah. sebagian besar. “

5. MITOS: Stroke tidak dapat diobati.

FAKTA:

Sekitar 85 persen stroke adalah stroke iskemik. Stroke iskemik terjadi ketika arteri ke otak Anda menjadi menyempit atau terhambat, menyebabkan aliran darah sangat berkurang (iskemia). Stroke ini bisa diobati.

main-qimg-0cc525e325580450687b2a975f87016f
Beda Ischemic dan Hemorrhagic Sumber : Quora

“Jika seseorang datang dalam waktu kurang dari 4 ,5 jam dari gejala stroke, kita dapat memberikan obat penghancur gumpalan yang disebut aktivator plasminogen jaringan yang dapat mencegah atau mungkin membalikkan kerusakan yang akan telah dilakukan oleh stroke,” kata dokter Rybinnik.

6. MITOS: Tanda paling umum dari stroke adalah rasa sakit.

FAKTA: “

Hanya sekitar 30 persen orang akan mengalami sakit kepala dengan stroke iskemik, jadi rasa sakit bukanlah gejala yang dapat diandalkan. Gejala stroke yang paling umum termasuk

  • mati rasa atau lemah tiba-tiba di satu sisi,
  • penglihatan blur, berbayang
  • kebingungan,
  • kurangnya koordinasi, dan
  • kesulitan memahami apa yang dikatakan seseorang.
main-qimg-6b0caecbba00e71453a459a4d58dce52
FAST , mengenali gejala stroke Sumber Quora

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera hubungi rumah sakit atau dokter.

7. MITOS: Stroke tidak turun-temurun.

FAKTA: “Stroke menurun dalam keluarga,” kata Rybinnik. “Faktor risiko vaskular untuk stroke, seperti hipertensi, diabetes, dan obesitas, semuanya memiliki komponen genetik. Dan penyebab stroke yang lebih langka pada orang yang lebih muda, seperti tumor jantung, gangguan pembekuan, dan kelainan dengan pembuluh darah, juga dapat diwariskan dari generasi ke generasi. ”

8. MITOS: Jika gejala stroke berlalu, Anda tidak perlu perawatan.

FAKTA: “Ketika seseorang memiliki gejala stroke sementara, yang disebut serangan iskemik sementara atau TIA ( Transient Ischemic Attack , bisa dibaca di TIA) , itu juga merupakan keadaan darurat medis,” kata dr. Bershad. Profil dokter Bershad silakan baca di dr.Eric Bershad

“Perbedaan antara TIA dan stroke adalah bahwa pembuluh darah yang diblokir selama TIA terbuka sebelum menyebabkan kerusakan permanen. Namun, seseorang yang memiliki TIA memiliki kemungkinan tinggi mengalami stroke dalam waktu seminggu. “Sangat penting untuk rajin memeriksakan ke ahli medis untuk setiap gejala mirip stroke, bahkan jika dinyatakan lulus,” Bershad menekankan.

9. MITOS: Merokok tidak memengaruhi peluang Anda mengalami stroke.

FAKTA: “Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk stroke, terutama pada orang yang lebih muda,” kata Bershad. “Ini benar untuk stroke iskemik dan hemoragik, serta stroke pertama dan berulang.”

10. MITOS: Pemulihan stroke hanya terjadi dalam beberapa bulan pertama setelah stroke.

FAKTA: Salah.  Otak Anda, tubuh Anda, dan kemampuan bicara Anda mungkin membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa sembuh samasekali.

Nah, selain Mitos dan Fakta, sebetulnya ada banyak lagi hal yang penting diketahui tentang stroke. Akan saya tuliskan lagi kali lain. Happy reading pembaca dan semoga bermanfaat.

Iklan

2 Comments Add yours

  1. mysukmana berkata:

    Mksih infonya..bpk sy jg kena stroke..tp alhamdlh skg sdh sehat..meski jln harus pake alat bantu

    Suka

    1. coffeeloverstory berkata:

      Alhamdulillah, semoga bisa terus sehat ya dik. Salam.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s